“GENTAS” Gerakan Tekan Obesitas

Orientasi Pengembangan Model Upaya Pemicuan Pengendalian OBESITAS Diberbagai Tatanan
Acara Yang diselenggarakan oleh Dirjen. Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes pada tgl. 7 sd 9 Agustus 2019.
Sebagai perwakilannya yaitu, Ibu. Lily G Karmel, Ketua Komisi OKK, FORMI Nasional Acara diikuti oleh -/+ 60 peserta dr Dinkes. 16 Provinsi di Indonesia.

ORIENTASI PENGEMBANBAN MODEL UPAYA PEMICUAN PENGENDALIAN OBESITAS DIBERBAGAI TATANAN

OBESITAS merupakan salah satu faktor risiko PTM yg akan berimplikasi menjadi PTM.

Di Indonesia , angka prevalensi Obesitas terus meningkat.
Data Riskesdas tahun 2013 (15,4 %) dan tahun 2018 meningkat menjadi (21,8 %), riset tsb proposi Obesitas tertinggi pada Kelompok Usia Produktif dan Kelompok ASN/TNI/POLRI/BUMN/BUMD yg disebabkan :

  1. Transisi Sistem Jaminan Kesehatan Nasional
  2. Transisi Demografi
  3. Transisi Teknologi / IT

terjadi perubahan Gaya Hidup yg juga menurunkan frekuensi dan intensitas aktivitas fisik.

Meningkatnya angka Obesitas di Indonesia secara signifikan menyebabkan peningkatan Beban Biaya Kesehatan Negara dan Masyarakat akibat PTM.
Data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan ( BPJS ) tahun 2017 menghabiskan biaya Kesehatan  sebesar 14,6 Triliun dengan Porsi terbesar pembiayaan Penyakit Jantung 50,9 % (7,4 Triliun) diikuti penyakit Ginjal Kronik 17,7 % (2,6 Triliun)

Dalam pencegahan dan pengendalian Obesitas di Indonesia dibutuhkan kerjasama dan dukungan dari semua pihak, selain Kementerian Kesehatan juga K/L lainnya, Pemerintah Daerah, pihak Swasta, Dunia Usaha, klub2 Kebugaran dan Organisasi Masyarakat.

Post Author: Forminas